Foto: Hujan ekstrem di Beijing setelah topan mengubah jalan menjadi sungai | Berita Iklim

Foto: Hujan ekstrem di Beijing setelah topan mengubah jalan menjadi sungai |  Berita Iklim

Sedikitnya dua orang tewas dalam banjir di ibu kota China, Beijing, setelah berhari-hari hujan tanpa henti menjebak ratusan orang meskipun puluhan ribu orang telah dievakuasi dalam semalam dari rumah mereka.

Mobil tersapu saat hujan mengubah jalan menjadi sungai. Video yang diposting oleh media pemerintah menunjukkan kendaraan yang setengah tenggelam di distrik Mentougou ditarik oleh arus yang bergerak cepat saat sisa-sisa Topan Doksuri mengguyur hujan lebat di kota berpenduduk hampir 22 juta jiwa itu.

Dua mayat ditemukan di sungai selama patroli darurat di Mentougou sementara tim penyelamat menarik ratusan orang ke tempat aman di bagian lain kota.

Di tempat lain, hujan lebat terus membasahi kota Tianjin dan provinsi Hebei setelah Doksuri, yang diturunkan menjadi depresi tropis pada akhir pekan.

Tiga dari lima sungai yang membentuk Cekungan Sungai Hai naik ke level berbahaya pada Senin. Beberapa rumah hanyut ke Sungai Yongding, dan hampir 55.000 orang dievakuasi dari rumah mereka di kota Baoding, lapor media pemerintah.

Doksuri adalah salah satu badai terkuat yang melanda China dalam beberapa tahun, menyebabkan banjir yang meluas di provinsi selatan Fujian selama akhir pekan, membuat ratusan ribu orang mengungsi dari rumah mereka. Curah hujan rata-rata di Beijing mencapai 176,9 mm (7 inci) antara Sabtu malam dan Senin sore, dengan curah hujan maksimum yang tercatat di stasiun cuaca di Mentougou mencapai 580,9 mm (23 inci), menurut media pemerintah.

Observatorium Beijing mempertahankan siaga merah – siaga tertinggi – untuk hujan lebat, sementara Stasiun Hidrologi Beijing meningkatkan peringatan banjirnya dengan perkiraan lebih banyak hujan dan banjir sungai. Curah hujan yang tiada henti selama akhir pekan hingga Senin pagi memecahkan rekor curah hujan harian di 14 stasiun cuaca di provinsi Beijing, Hebei, Shanxi, dan Shandong.

Lebih dari 31.000 orang dievakuasi dari rumah mereka di Beijing, pekerjaan di lebih dari 4.000 lokasi konstruksi dihentikan, hampir 20.000 bangunan diperiksa kerusakannya dan tempat-tempat indah di kota ditutup, lapor media. Kedua bandara di ibu kota telah membatalkan lebih dari 200 penerbangan pada Senin sore, dengan hampir 600 penerbangan tertunda, menurut aplikasi pelacakan penerbangan Flight Master.

Otoritas kereta api mengirim pekerja untuk mengantarkan makanan, termasuk mie instan, telur dan ham, serta air minum untuk penumpang kereta yang terjebak semalaman.

Sebanyak 358 jalan di Beijing terkena dampak hujan sejak Senin.

Togel HKG