Pee-wee Herman aktor Paul Reubens meninggal pada usia 70 tahun | Berita Obituari

Pee-wee Herman aktor Paul Reubens meninggal pada usia 70 tahun |  Berita Obituari

Paul Reubens, aktor dan komedian Amerika yang karakter Pee-wee Herman menjadi fenomena budaya melalui film dan acara TV, telah meninggal dunia.

Reubens, 70, meninggal Minggu malam setelah enam tahun berjuang melawan kanker yang tidak dia ungkapkan, kata humasnya dalam sebuah pernyataan.

“Tolong terima permintaan maaf saya karena tidak mengumumkan apa yang telah saya hadapi selama enam tahun terakhir,” kata Reubens dalam pernyataan yang dirilis Senin mengumumkan kematiannya.

“Saya selalu merasakan cinta dan rasa hormat yang luar biasa dari teman, penggemar, dan pendukung saya. Aku sangat mencintai kalian semua dan senang membuat karya seni untukmu.”

Karakter dengan setelan abu-abu yang terlalu ketat, sepatu putih tebal, dan dasi kupu-kupu merah ini terkenal karena film Pee-wee’s Big Adventure dan serial TV Pee-wee’s Playhouse.

Reubens menciptakan Pee-wee ketika dia menjadi bagian dari grup improvisasi Los Angeles The Groundlings pada akhir 1970-an.

Pertunjukan Pee-wee Herman langsung memulai debutnya di sebuah teater di Los Angeles, California di Amerika Serikat pada tahun 1981 dan menjadi hit dengan anak-anak saat pertunjukan siang dan orang dewasa pada pertunjukan tengah malam. HBO akan menayangkan acara tersebut sebagai acara spesial.

Reubens membawa Pee-wee ke layar lebar pada tahun 1985 Petualangan Besar Pee-wee.

Reuben menjawab pertanyaan melalui satelit di panel HBO untuk The Pee-wee Herman Show di Broadway pada Januari 2011 (File: Mario Anzuoni/Reuters)

Film, di mana sepeda kesayangan Pee-wee dicuri, dikatakan secara longgar didasarkan pada klasik neo-realis Italia Vittorio De Sica, Pencuri Sepeda.

Film tersebut, disutradarai oleh Tim Burton dan ditulis bersama oleh Phil Hartman dari Saturday Night Live, mengirim Pee-wee ke petualangan nasional. Film ini sukses, meraup $40 juta, dan kemudian membuat pengikut sekte karena imajinasinya yang aneh.

Sekuel menyusul tiga tahun kemudian di Big Top Pee-wee yang kurang diterima dengan baik, di mana Pee-wee mencoba bergabung dengan sirkus.

Karakter Reubens tidak akan mendapatkan pemeran utama film lain sampai Liburan Besar Pee-wee 2016, untuk Netflix. Judd Apatow memproduseri kebangkitan layar lebar Pee-wee.

Serial televisinya, Pee-wee’s Playhouse, tayang selama lima musim, meraih 22 Emmy dan menarik tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa ke TV Sabtu pagi.

Alam semesta Pee-wee konyol dan subversif serta juara ketidaksesuaian.

Pembawa acara Pee-wee, yang menyukai kata-kata rahasia dan sangat menyukai salad buah sehingga dia pernah menikahinya, cenderung mengatakan, “Aku tahu kamu, tapi siapa aku?” dan “Mengapa Anda tidak mengambil gambar; apakah akan bertahan lebih lama?”

Tindakan itu sukses karena berhasil pada berbagai tingkatan, meskipun Reubens bersikeras bahwa itu bukanlah rencananya.

“Ini untuk anak-anak,” kata Reubens kepada The Associated Press pada 2010. “Selama bertahun-tahun orang-orang mencoba membujuk saya, ‘Itu bukan untuk anak-anak, kan?’ Bahkan pertunjukan aslinya adalah untuk anak-anak, saya selalu menyensor diri sendiri agar ramah anak.

“Semuanya hanya firasat sejak awal,” kata Reubens kepada AP. “Hanya itu yang pernah ada dan saya pikir akan selalu begitu. Sebanyak orang ingin saya membedah dan menjelaskannya, saya tidak bisa. Satu, saya tidak tahu, dan dua, saya tidak ingin tahu, dan tiga, saya merasa akan mengutuk diri sendiri jika saya tahu.”

Paul Reubens memerankan Pee-wee Herman
Reubens tiba untuk Peringatan 10 Tahun TV Land Awards di Lexington Avenue Armory di New York, 14 April 2012 (File: Andrew Kelly / Reuters)

Jimmy Kimmel memposting di Instagram bahwa “Paul Reubens tidak seperti yang lain – seorang komedian yang brilian dan orisinal yang membuat anak-anak dan orang tua mereka tertawa pada saat yang sama. Dia tidak pernah melupakan hari ulang tahun dan berbagi kenikmatan kekonyolannya yang tulus dengan semua orang yang dia temui”.

Karier Reubens tergelincir pada tahun 1991 ketika dia ditangkap karena pemaparan tidak senonoh di bioskop dewasa di Sarasota, Florida, tempat dia dibesarkan. Dia didenda dalam jumlah kecil, tetapi kerusakan pada karakternya tidak terhitung.

Dia menjadi lelucon reguler acara bincang-bincang larut malam dan persepsi Ruben segera berubah.

“Saat saya menyadari nama saya akan diucapkan dalam kalimat yang sama dengan anak-anak dan seks, itu sangat intens,” kata Reubens kepada NBC pada 2004. “Itu adalah sesuatu yang saya tahu sejak saat itu, apa pun yang terjadi setelah titik itu, ada sesuatu di udara yang sangat buruk.”

Reubens mengatakan dia telah menerima banyak tawaran untuk bekerja, tetapi mengatakan kepada AP bahwa kebanyakan dari mereka “ingin memanfaatkan kekonyolan situasi saya”, dan dia tidak ingin melakukan itu.

“Itu baru saja berubah,” katanya. “Semuanya telah berubah.”

Pada tahun 2001, Reubens ditangkap lagi dan didakwa memiliki pornografi anak secara tidak sah setelah polisi menyita gambar dari komputer dan koleksi fotografinya, tetapi tuduhan itu dikurangi menjadi tuduhan tidak senonoh dan dia menjalani masa percobaan tiga tahun.

Lahir Paul Rubenfeld di Peekskill, New York, Reubens, anak tertua dari tiga bersaudara, tumbuh terutama di Sarasota sebelum kuliah di Universitas Boston dan Institut Seni California.

Reubens juga berperan sebagai karakter non-Pee-wee, termasuk dalam film tahun 1992 Buffy the Vampire Slayer dan Batman Returns, sebuah film Tim Burton. Dia juga menjadi bintang tamu di serial TV Murphy Brown.

Hongkong Malam Ini