Pemungutan suara Spanyol: Cara kerjanya dan apa yang diharapkan pada 23 Juli | Berita Pemilu

Pemungutan suara Spanyol: Cara kerjanya dan apa yang diharapkan pada 23 Juli |  Berita Pemilu

Madrid, Spanyol – Pemilih Spanyol akan pergi ke tempat pemungutan suara Minggu depan, memutuskan apakah akan mempertahankan pemerintahan Sosialis minoritas Perdana Menteri Pedro Sanchez dalam kekuasaan, atau memberikan mandat kepada partai sayap kanan utama Partido Popular (PP).

Di hampir semua jajak pendapat publik, PP saat ini difavoritkan untuk memenangkan pemilihan umum pertama Spanyol sejak 2019, yang diajukan oleh Sanchez setelah kekalahan telak dari Sosialis pada pemilihan regional dan lokal awal Mei.

Tetapi untuk mendapatkan mayoritas keseluruhan di parlemen Spanyol dengan 350 kursi, PP hampir pasti harus mengandalkan suara dari partai sayap kanan Vox, yang kemungkinan akan menuntut bagian kekuasaan sebagai imbalannya.

Pemilihan oleh karena itu juga merupakan bagian dari narasi seluruh Eropa yang sedang berlangsung tentang kebangkitan nasionalis otoriter dan gerakan sayap kanan lainnya, dari Italia ke Finlandia dan Hungaria, dan apakah partai-partai yang lebih berhaluan kiri di benua itu dapat membendungnya.

Keputusan Sanchez untuk menyerukan pemilihan dini diserang oleh pemimpin PP Alberto Nunez Feijoo, yang mengklaim panas terik Spanyol pada bulan Juli dan rencana perjalanan liburan para pemilih dapat menyebabkan abstain yang lebih besar.

“Partai-partai konservatif menerima begitu saja bahwa mereka akan memenangkan pemilihan dengan nyaman,” kata Manuel Lopez, profesor sejarah di Universitas Terbuka Spanyol, kepada Al Jazeera.

“Tapi kritik semacam ini menunjukkan bahwa mereka menghadapi perjuangan berat untuk mendapatkan mayoritas dari yang mereka harapkan. Akibatnya, mereka menjadi gugup,” katanya.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang pemilihan hari Minggu:

Pemimpin Partai Rakyat (PP) Alberto Nunez Feijoo dan Presiden Isabel Diaz Ayuso menghadiri rapat umum kampanye di Madrid (File: Isabel Infantes / Reuters)

Siapa pesaing utama?

Sanchez dan Partai Sosialisnya, bersekutu dengan koalisi sayap kiri Unidas Podemos, telah membentuk pemerintahan minoritas sejak Januari 2020. akan menggembleng para pemilih yang cenderung progresif.

Seruannya untuk pemilihan cepat berhasil dalam salah satu tujuannya yang tak terucapkan: sekutu sayap kiri Sanchez yang terpecah tiba-tiba mengakhiri pertikaian mereka dan sebagian besar memilih untuk menjadi bagian dari blok Sumar sayap kiri baru untuk pemilihan.

Pemerintah Sanchez telah mengawasi periode stabilitas relatif dalam ekonomi Spanyol meskipun ada pandemi virus corona dan perang habis-habisan Rusia di Ukraina. Kaum sosialis juga mengesahkan undang-undang baru yang penting yang mengatur reformasi tenaga kerja, upah minimum, hak aborsi dan eutanasia, serta undang-undang pertama negara untuk melindungi hak LGBTQ+.

Sanchez tetap positif tentang peluang kemenangan partainya meskipun jajak pendapat tidak menguntungkan, dengan alasan: “Tidak ada yang pasti. Tentu saja Sosialis akan melawan dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Kami berada dalam posisi untuk menjadi partai terbesar di parlemen.”

Pemimpin sosialis Spanyol Pedro Sanchez
Pemimpin Sosialis Spanyol Pedro Sanchez mengacungkan tinjunya saat kampanye di Madrid (File: Juan Medina/Reuters)

Saingan utama Sanchez, Nunez Feijoo dan PP, saat ini menjadi favorit dalam jajak pendapat. Pemimpin nasional PP sejak April 2022, dan karena dia menggambarkan dirinya sebagai “pasangan tangan yang aman”, Nunez Feijoo berhasil mengawasi kembalinya partai tersebut setelah hasil malapetaka mereka dalam pemilu 2019.

Namun, menurut jajak pendapat, PP harus mencari sekutu, hampir pasti partai sayap kanan Vox, untuk membentuk pemerintahan dan perjanjian terbaru PP dengan Vox di wilayah utama seperti Kepulauan Balearic, Valencia dan Extremadura memiliki Nunez Feijoo. gambar sebagai ‘ moderat

Mengingat keberhasilan Sanchez di bidang-bidang yang secara tradisional mendukung partai sayap kanan, seperti ekonomi, Nunez Feijoo memusatkan banyak serangannya pada gaya pemerintahan Sanchez. PP juga mengklaim bahwa Sanchez terlalu bergantung pada separatis Catalan dan Basque.

“Tidak mungkin minoritas berkuasa di Spanyol,” kata Nunez Feijoo baru-baru ini kepada wartawan. “Jika Sosialis begitu khawatir tentang kesepakatan kita dengan Vox, mereka harus ingat jika saya memenangkan pemilihan.”

Menteri Tenaga Kerja Spanyol Yolanda Diaz bereaksi selama rapat umum kampanye
Menteri Tenaga Kerja Spanyol Yolanda Diaz bereaksi selama rapat umum kampanye untuk partai payung sayap kiri barunya Sumar di distrik selatan Orcasitas, Madrid (File: Isabel Infantes/Reuters)

Sanchez tahu dia dapat mengandalkan dukungan dari Blok Sumar sayap kiri, yang dipimpin oleh Menteri Tenaga Kerja Yolanda Diaz.

Secara khusus, Diaz telah berhasil menyatukan kancah politik kiri jauh Spanyol yang sebelumnya terfragmentasi dengan buruk, terlepas dari keberatan Podemos, partai anti-penghematan terbesar di negara itu, dan secara teratur dinobatkan sebagai politisi paling dikagumi di negara itu.

“Kami akan memerintah dengan kaum sosialis lagi, hanya saja kali ini kami akan melakukannya dengan lebih baik,” klaim Diaz baru-baru ini.

Pemimpin partai sayap kanan Vox, Santiago Abascal, tidak pernah merahasiakan antusiasme partainya untuk pengurangan dramatis dalam kekuasaan pemerintah daerah dan sikap anti-migran yang sangat keras.

Juga di awal kampanye, ketika Vox menggantungkan poster raksasa dari sebuah gedung di Madrid yang memperlihatkan tangan yang menghancurkan simbol-simbol yang mewakili feminisme, komunisme, komunitas LGBTQ+, dan kemerdekaan Catalan, mereka juga memperjelas sikap keras mereka terhadap minoritas ini. .

Abascal melihat kebijakan partainya sebagai terobosan radikal dengan strategi politik suam-suam kuku sebelumnya, dengan mengatakan “dalam pemilihan ini satu-satunya cara untuk mengubah arah di negara ini adalah dengan memilih Vox”.

Salah satu pemain penting sebelumnya yang hilang dari pemilihan umum 2023 adalah partai Ciudadanos yang ramah bisnis, yang telah ditinggalkan secara massal oleh para pemilihnya untuk PP sejak 2019. Ciudadanos memilih untuk tidak ikut pemilihan umum, dan PP diharapkan menggalang semuanya. 10 kursi parlemennya.

Pemimpin partai Vox sayap kanan Spanyol Santiago Abascal
Pemimpin partai Vox Santiago Abascal memberi isyarat selama rapat umum kampanye di Puerto Almerimar, El Ejido (File: Jon Nazca / Reuters)

Bagaimana cara kerja pemilu?

Tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 09:00 (07:00 GMT) pada hari Minggu untuk 37,4 juta orang Spanyol yang berhak memilih, dan ditutup pada pukul 20:00 (18:00 GMT) di daratan Spanyol.

Semua 350 kursi di majelis rendah parlemen utama Spanyol diperebutkan, bersama dengan 208 dari 265 kursi senator di majelis tinggi.

Mengingat masa liburan, 2,3 juta memilih untuk memilih melalui surat, dua kali lipat jumlah pemilih pos dalam pemilihan terakhir. Ada 1,6 juta pemilih pemula.

Dalam jajak pendapat House of Commons, pemilih memilih partai, bukan kandidat tertentu. Di majelis tinggi, mereka dapat memilih maksimal tiga senator daerah.

Kapan hasilnya akan diketahui?

Prakiraan untuk outlet media berdasarkan jajak pendapat diterbitkan beberapa menit setelah pemungutan suara ditutup, tetapi jumlah kursi yang hampir pasti tidak menjadi jelas hingga tengah malam (22:00 GMT).

Petugas mengunggah kotak suara
Pekerja memuat kotak suara saat mereka mengambilnya dari gudang untuk dikirim ke tempat pemungutan suara di Barcelona (File: Albert Gea/Reuters)

Bagaimana perdana menteri dan pemerintah dipilih?

Secara hukum, Parlemen Spanyol diizinkan maksimal tiga minggu untuk dibentuk secara resmi. Raja yang berkuasa, dalam hal ini Raja Felipe VI, kemudian mulai bertemu dengan para pemimpin partai, yang mencalonkan calon perdana menteri.

Dalam pemungutan suara parlemen pertama, hanya mayoritas mutlak yang memungkinkan seorang kandidat untuk membentuk pemerintahan, dan jika tidak, dalam pemungutan suara kedua yang diadakan maksimal 48 jam kemudian, mayoritas sederhana sudah cukup.

Pemilihan baru diadakan jika, setelah maksimal dua bulan setelah pemungutan suara parlemen awal, tidak ada calon yang berhasil mengumpulkan dukungan mayoritas.

Apa kemungkinan hasilnya?

Dilihat dari jajak pendapat saat ini, tidak ada partai yang akan mendapatkan mayoritas langsung dan dalam parlemen yang terfragmentasi, tiga skenario paling mungkin saat ini.

“Pemerintahan minoritas Sosialis dapat berlanjut, dengan dukungan eksternal dari Nasionalis Catalan dan Basque,” kata Lopez. “Tapi mereka akan memiliki batasan yang sama seperti yang kita lihat di badan legislatif sebelumnya, di mana ada konflik penting antara elemen yang lebih konservatif dari kalangan Hispanik dan pesan yang dikirim pemilih dari kotak suara.”

Opsi kedua, yang saat ini disukai oleh sebagian besar jajak pendapat, adalah agar PP mengambil kursi terbanyak dari partai mana pun, tetapi membutuhkan Vox untuk mendekati mayoritas keseluruhan.

“Hak yakin bahwa ini adalah hasil yang pasti, tetapi dalam jajak pendapat minggu lalu sekarang tampaknya kecil kemungkinan mereka akan memiliki mayoritas langsung,” kata Lopez.

Kemungkinan ketiga adalah bahwa kekuasaan parlementer didistribusikan secara merata sehingga diperlukan pemilihan ulang. Oleh karena itu, kaum Sosialis akan terus menjadi pemerintah sementara setidaknya sampai pemungutan suara berikutnya.

Di luar ketiga skenario ini, prospek aliansi lintas partai antara Sosialis dan PP, yang secara ideologis berpusat pada kebijakan paling moderat dari masing-masing formasi, ditepis oleh Lopez sebagai “fantasi”.

“Anda hanya perlu melihat bagaimana Eropa berkembang secara politik, dengan fragmentasi yang semakin jelas antara berbagai partai politik dan meningkatnya konfrontasi antara kiri dan kanan untuk memastikan hal ini tidak akan terjadi,” katanya.

sbobet wap