Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa penting, hari ke 518 | Berita perang Rusia-Ukraina

Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa penting, hari ke 518 |  Berita perang Rusia-Ukraina

Ini adalah perkembangan terpenting saat invasi Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-518.

Berikut situasi pada Rabu, 26 Juli 2023.

Bertarung

  • Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan salah satu kapal Armada Laut Hitamnya menghancurkan dua drone angkatan laut tak berawak Ukraina yang mencoba menyerangnya dalam semalam. Kementerian itu mengatakan kapal patroli sedang memantau pengiriman di Laut Hitam barat daya pada saat itu dan tidak ada korban jiwa.
  • Militer Ukraina melaporkan bahwa kemajuan kecil telah dilakukan terhadap pasukan Rusia. Andriy Kovaliov, juru bicara staf umum tentara Ukraina, mengatakan pasukan Ukraina maju menuju desa tenggara Staromayorske dan mengusir unit Rusia dari posisi dekat desa Andriivka di timur.
  • Rusia meluncurkan serangan udara keenam di Kiev, tetapi semua drone yang masuk ditembak jatuh dan laporan awal menunjukkan tidak ada kerusakan atau korban, menurut pejabat. “Peringatan udara berlangsung selama 3 jam… Semua target udara terdeteksi dan dihancurkan saat mendekati Kiev,” tulis Serhiy Popko, kepala administrasi militer Kiev, di Telegram.
  • Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dalam pembaruan terbarunya tentang situasi di Ukraina bahwa Rusia telah melakukan peningkatan jumlah serangan jarak jauh terhadap Odesa dan daerah lain di Ukraina selatan, merusak beberapa lumbung biji-bijian di pelabuhan Chornomorsk serta pusat kota bersejarah. .
  • Departemen Luar Negeri AS mengatakan mengetahui bahwa Trevor Reed, mantan Marinir AS yang ditahan di Rusia sebelum dibebaskan dalam pertukaran tahanan April 2022, terluka saat berperang di Ukraina. Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan Reed tidak terlibat dalam “aktivitas apa pun atas nama pemerintah AS”.

Diplomasi

  • Presiden Rusia Vladimir Putin dan timpalannya dari Belarusia Alexander Lukashenko membahas kelompok tentara bayaran Wagner, kerja sama ekonomi, dan ancaman eksternal selama pembicaraan dua hari. Sementara kedua pemimpin tidak berniat mencapai kesepakatan baru, “dalam kerangka hubungan yang sangat dekat, presiden menyelaraskan posisi mereka, menyinkronkan waktu mereka,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko baru-baru ini mengadakan pembicaraan tentang kelompok tentara bayaran Wagner dan kerja sama ekonomi (File: Sputnik/Alexei Danichev/Kremlin via Reuters)
  • Penasihat senior kebijakan luar negeri Kremlin Yury Ushakov mengatakan Putin berencana untuk mengunjungi China pada bulan Oktober, sementara kunjungan ke Turki oleh pemimpin Rusia juga direncanakan di beberapa titik, kantor berita negara Rusia TASS melaporkan.
  • Kremlin mengatakan tidak mungkin bagi Rusia untuk kembali ke kesepakatan biji-bijian Laut Hitam untuk saat ini karena kepentingan Rusia “tidak dilaksanakan”.
  • Komisaris Pertanian Uni Eropa Janusz Wojciechowski mengatakan blok itu siap untuk mengekspor hampir semua barang pertanian Ukraina melalui “jalur solidaritas”. Pengangkutan biji-bijian melalui UE sensitif bagi Polandia dan beberapa negara Eropa Timur lainnya karena penolakan dari petani.
  • Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sepakat dalam panggilan telepon tentang pentingnya memastikan Ukraina dapat mengekspor biji-bijian, kata kantor Sunak.
Altar
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Volodymyr Zelenskyy sepakat dalam panggilan telepon tentang pentingnya memastikan Ukraina dapat mengekspor biji-bijian (File: Layanan Pers Presiden Ukraina / Selebaran melalui Reuters)
  • Kementerian luar negeri Moldova telah memanggil duta besar Rusia Oleg Vasnetsov setelah media melaporkan bahwa peralatan mata-mata dipasang di atap kedutaan Rusia di Chisinau. Media lokal mengatakan 28 piringan satelit, tiang dan perangkat transmisi dan penerima dipasang di kedutaan.
  • Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev, mengatakan sanksi terhadap Moskow mengancam “konsekuensi bencana” untuk pasar makanan global.
  • Kremlin menuduh Barat, khususnya AS, mencoba menyabotase KTT Rusia-Afrika akhir pekan ini dengan menekan negara-negara Afrika untuk tidak berpartisipasi.
  • Perdana Menteri Ukraina mengatakan Kiev telah menerima tambahan 1,5 miliar euro ($1,6 miliar) bantuan keuangan makro dari Uni Eropa. Di Twitter, Denys Shmyhal menulis: ‚ÄúDukungan dari mitra akan memungkinkan kami menyediakan layanan yang diperlukan untuk Ukraina, memperbaiki infrastruktur, dan melanjutkan reformasi menuju aksesi UE. Terima kasih kepada Ursula von der Leyen & Valdis Dombrovskis atas dukungan (mereka).

    Perkembangan militer

  • Inggris memiliki informasi yang menunjukkan bahwa militer Rusia mungkin memperluas penargetan fasilitas biji-bijian Ukraina mereka ke pengiriman sipil di Laut Hitam, kata Duta Besar PBB Barbara Woodward. Sunak berbagi informasi dengan Zelenskyy selama panggilan telepon, kata Woodward.
  • Majelis rendah parlemen Rusia telah memilih untuk menaikkan usia wajib militer maksimum menjadi 30 tahun dari 27 tahun. Undang-undang baru, yang mulai berlaku pada 1 Januari, berarti bahwa laki-laki akan diwajibkan untuk menyelesaikan wajib militer selama satu tahun, atau pelatihan yang setara selama pendidikan tinggi. , antara usia 18 dan 30
  • Kepala wilayah Donetsk yang ditempatkan Rusia mengatakan pasukan Ukraina telah kehilangan sekitar 30 persen peralatan Barat di garis depan, kantor berita Rusia TASS melaporkan.

link sbobet