Rusia Konfirmasi Pertemuan Wagner-Putin, Merilis Video Gerasimov | Berita perang Rusia-Ukraina

Rusia Konfirmasi Pertemuan Wagner-Putin, Merilis Video Gerasimov |  Berita perang Rusia-Ukraina

Rusia tampaknya mencoba mengendalikan cerita membingungkan seputar Grup Wagner, menyusul pemberontakan yang mengejutkan bulan lalu.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pembicaraan dengan pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin selama tiga jam, beberapa hari setelah pemberontakan singkat yang dipimpin oleh kepala tentara bayaran dan tentara pribadinya, kata Kremlin.

Pengumuman Senin datang tak lama setelah kementerian pertahanan Rusia merilis video yang menampilkan panglima militer negara itu, Valery Gerasimov, pertama kali dia terlihat di depan umum sejak pemberontakan Wagner menargetkan dia untuk diusir.

Kedua pembaruan tersebut tampaknya merupakan upaya Moskow untuk mengendalikan narasi seputar kelompok Wagner setelah periode yang bergejolak.

Selama pemberontakan tak terduga namun singkat bulan lalu di Rusia, kepala Wagner Gerasimov dan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu, menuduh mereka tidak memasok para pejuangnya di Ukraina dengan amunisi.

Pertemuan Putin-Prigozhin berlangsung di Kremlin pada 29 Juni dan melibatkan komandan kompi militer, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Konfirmasi pertemuan tatap muka dengan Putin, yang telah mencap Prigozhin sebagai pengkhianat, menambah ketidakpastian seputar kepala tentara bayaran itu. Nasib dan keberadaannya tidak diketahui sejak pemberontakan yang gagal, yang menurut banyak pengamat telah sangat melemahkan otoritas Putin.

Menurut Peskov, Putin menawarkan “evaluasi” tindakan Wagner di medan perang di Ukraina dan “peristiwa 24 Juni” – pemberontakan bersenjata yang dihentikan tepat sebelum gerombolan tentara bayaran berencana berbaris di Moskow.

Dalam pertemuan tersebut, presiden juga “mendengarkan penjelasan para komandan dan menawarkan mereka opsi untuk pekerjaan lebih lanjut dan penggunaan lebih lanjut dalam pertempuran”.

“Para komandan sendiri mempresentasikan versi mereka tentang apa yang terjadi,” kata Peskov. “Mereka menggarisbawahi bahwa mereka adalah pendukung setia dan prajurit kepala negara dan panglima tertinggi, dan juga mengatakan bahwa mereka siap untuk terus berjuang demi tanah air mereka.”

Tiga puluh lima orang berpartisipasi dalam pembicaraan tersebut, termasuk komandan Wagner dan pimpinan kompi, yaitu Prigozhin sendiri.

pemberontakan Wagner

Ketegangan memuncak pada 24 Juni, setelah Prigozhin mencerca petinggi Rusia selama berbulan-bulan atas kesalahan dan menuduh mereka tidak kompeten dalam upaya perang mereka di Ukraina.

Prigozhin menganggap pejuang Wagnernya sebagai pelopor di medan perang dan selama perang di Ukraina adalah orang pertama yang mengumumkan kemenangan melawan pasukan Kiev, di depan tentara Rusia.

Pemberontakan bulan lalu mempertanyakan hubungan jangka panjang tentara bayaran top dengan Putin dan, tampaknya, dia diasingkan ke Belarus, di bawah kesepakatan yang ditengahi oleh Presiden Alexander Lukashenko.

Menambah ketidakpastian seputar kesepakatan pekan lalu, Minsk mengatakan Prigozhin tidak lagi berada di Belarusia dan telah kembali ke Rusia.

Pengamat melihat pemberontakan sebagai tantangan terbesar bagi otoritas Putin sejak dia berkuasa.

Komandan Wagner “menekankan bahwa mereka adalah pendukung setia … kepala negara”, kata Peskov. “Mereka juga mengatakan bahwa mereka siap untuk terus berjuang demi ibu pertiwi.”

Pengeluaran SGP hari Ini