Spanyol dalam ‘kebingungan politik’ setelah pemilu tidak menghasilkan pemenang yang jelas | Berita Pemilu

Spanyol dalam ‘kebingungan politik’ setelah pemilu tidak menghasilkan pemenang yang jelas |  Berita Pemilu

Spanyol tampaknya menuju parlemen yang digantung setelah pemilihan nasional pada hari Minggu meninggalkan partai-partai di kanan dan kiri tanpa jalan yang jelas untuk membentuk pemerintahan baru.

Dengan 99 persen suara dihitung pada pukul 23:45 (21:45 GMT) pada hari Minggu, oposisi konservatif Partai Rakyat (PP) memiliki 136 kursi sementara Partai Pekerja Sosialis (PSOE) pimpinan Perdana Menteri Pedro Sanchez memiliki 122 kursi.

Partai-partai dengan potensi terbesar menjadi kingmaker hampir menyamai kubu Vox paling kanan dengan 33 kursi dan Sumar paling kiri dengan 31 kursi.

Hasil untuk Vox, yang berkampanye pada platform pencabutan undang-undang tentang kekerasan gender, hak LGBTQ, aborsi dan eutanasia, menunjukkan hilangnya 19 kursi dari empat tahun sebelumnya.

Sementara Sosialis Sanchez menempati posisi kedua, mereka dan partai sekutu mereka merayakan hasilnya sebagai kemenangan, karena pasukan gabungan mereka memperoleh kursi sedikit lebih banyak daripada PP dan sayap kanan.

Blok yang cenderung mendukung Sanchez memiliki total 172 kursi, sedangkan blok kanan, di belakang pemimpin PP Alberto Nunez Feijoo, kemungkinan besar memiliki 170 kursi.

Sonia Gallego dari Al Jazeera, melaporkan dari Madrid, mengatakan Spanyol “sekali lagi menemukan dirinya dalam limbo politik”.

“Dan tidak ada tanda-tanda ke arah mana negara itu menuju, apakah itu dengan visi Tuan Sanchez atau apakah semuanya akan berubah di bawah pemerintahan yang dipimpin oleh Tuan Feijoo,” katanya.

Hasil yang lebih dekat dari perkiraan untuk kedua blok kemungkinan akan memicu perebutan politik selama berminggu-minggu dan ketidakpastian atas kepemimpinan masa depan negara itu.

Negosiasi untuk membentuk pemerintahan akan dimulai setelah parlemen baru bersidang pada 17 Agustus.

Sanchez menggambarkan hasil hari Minggu sebagai kekalahan dari sayap kanan.

“Spanyol dan semua warganya yang memilih benar-benar jelas,” katanya kepada kerumunan yang berkumpul di markas Sosialis di Madrid. “Blok yang melihat ke belakang yang ingin memutar kembali semua kemajuan yang telah kita buat dalam empat tahun terakhir telah gagal.”

Pemimpin Sosialis Spanyol Pedro Sanchez, kanan, dan sekutunya menggambarkan hasil hari Minggu sebagai kemenangan (Nacho Doce/Reuters)

Sanchez mengadakan pemungutan suara pada akhir Mei setelah partai Sosialisnya dan mitra koalisi junior sayap kirinya kalah dalam pemilihan lokal dan regional di mana sayap kanan sedang meningkat.

Dia memfokuskan kampanyenya pada peringatan tentang bahaya pemerintah PP-Vox untuk memobilisasi pemilih. Strategi tersebut tampaknya telah membuahkan hasil, dengan jumlah pemilih mencapai hampir 70 persen, sekitar 3,5 poin persentase lebih tinggi dibandingkan tahun 2019.

‘Negara Terbagi’

Feijoo, yang menjabat sebagai ketua PP pada April 2022, memfokuskan kampanyenya pada janji untuk “menggulingkan Sanchismo”, istilah yang menghina kebijakan Sanchez.

Dalam komentar setelah penghitungan, pemimpin oposisi konservatif itu mengatakan dia akan mengejar kesempatan untuk membentuk pemerintahan sebagai partai dengan suara terbanyak.

“Sebagai calon dari partai yang meraih kursi terbanyak, saya percaya adalah tugas saya untuk mencoba membentuk pemerintahan,” katanya kepada para pendukung di luar markas PP di Madrid.

Untuk melakukan ini, Feijoo mungkin mencoba membujuk partai-partai kecil untuk mendukung koalisi PP-Vox. Tetapi banyak yang tampaknya enggan mendukung kebangkitan partai sayap kanan untuk berkuasa untuk pertama kalinya sejak empat dekade pemerintahan diktator Francisco Franco, yang meninggal pada 1975.

Partai Nasionalis Basque (PNV) mengatakan sebelum pemilihan bahwa mereka tidak memiliki kesepakatan dengan PP dan Vox, sementara Teruel Existe mengatakan kepada El Pais bahwa dia tidak akan mendukung koalisi semacam itu.

Sementara Sanchez memiliki lebih banyak pilihan untuk negosiasi, dia mungkin masih berjuang untuk mengumpulkan mayoritas, dengan calon sekutu mencari konsesi sebagai imbalan atas dukungan mereka.

Dalam skenario saat ini, PSOE Sanchez akan sangat bergantung pada partai separatis Catalan, Junts dan ERC atau separatis Basque EH Bildu. Jika Junts menyerukan referendum kemerdekaan untuk timur laut Catalonia, kemungkinan harga yang harus dibayar Sanchez terlalu tinggi.

“Kami tidak akan menjadikan Pedro Sanchez sebagai perdana menteri dengan imbalan apa pun,” kata Miriam Nogueras dari Junts setelah hasil membuat partainya memegang kunci kekuasaan.

Santiago Abascal, pemimpin Vox, sementara itu mengatakan hasil sosialis adalah “berita buruk bagi orang Spanyol”.

“Pedro Sanchez, meskipun kalah dalam pemilihan, dapat memblokir investasi (Feijoo) dan, lebih buruk lagi, Pedro Sanchez bahkan dapat diinvestasikan dengan dukungan komunisme, separatisme dan terorisme yang mencari kudeta, yang semuanya sekarang lebih dimanfaatkan dalam pemerasan. daripada masa jabatan sebelumnya,” katanya kepada para pendukung.

Parlemen yang ditangguhkan telah menjadi norma dalam beberapa tahun terakhir karena fragmentasi politik Spanyol dan munculnya partai-partai baru yang menantang dominasi PP dan PSOE.

Negara itu mengadakan dua pemilihan dalam waktu enam bulan pada akhir 2015 dan 2016, setelah itu terhenti selama 10 bulan sampai Sosialis akhirnya setuju untuk abstain dari mosi tidak percaya untuk mengizinkan PP membentuk pemerintahan minoritas.

Pada 2019, dua pemilihan lagi diadakan sebelum PSOE dan Podemos sayap kiri setuju untuk membentuk pemerintahan koalisi pertama Spanyol.

Pablo Calderon Martinez, seorang profesor di Universitas Northeastern, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa hasil hari Minggu mengungkapkan “negara yang terpecah belah”.

‚ÄúPartai Sosialis berkinerja sedikit berlebihan, sedangkan blok sayap kanan mungkin berkinerja buruk, yang berarti kita hampir memiliki negara yang sangat terpecah belah. Akan menarik untuk melihat bagaimana mereka menegosiasikan pemerintahan berikutnya,” katanya.

taruhan bola online